Senin, April 18, 2016

Test

Test 1..2..3..
test mike...test...
dji..sam..soe..

oke mic nya jalan.



Selamat malam pembaca yang budiman. Sebenernya gak ada apa-apa. cuma mau ngetes apakah blog ini masih hidup, gw berencana mau nulis lagi dalam waktu dekat.

see ya!

Kamis, Juli 09, 2015

A Litlle Story of Milano

Kata orang bijak, nama adalah doa. Orangtua memberi nama anaknya dengan harapan bahwa anak tersebut kelak tumbuh sesuai dengan arti yang dibawa oleh nama anak tersebut. Misalnya saja, anak bernama Grace pasti diharapkan menjadi berkat bagi orang di sekitarnya. Anak bernama Paiman pasti diharapkan jadi koki kue pie terhebat. dan Anak bernama Suparman pasti diharapkan jadi superhero.

Namun terkadang tak semua orang tua berpikir sekeras itu untuk memberi nama anaknya. Beberapa orang tua di daerah tertentu mempunyai tradisi memberi nama anak sesuai dengan benda pertama yang dilihatnya. Misalnya, jika ketika lahir orangtuanya melihat Obeng, maka dengan ditambah marga, nama anak tersebut menjadi Obeng Siregar. (ini adalah tokoh fiktif. Jika ada kesamaan nama hal itu hanya kebetulan semata). Gw membayangkan kelak anak tersebut akan tumbuh menjadi montir atau tukang servis AC.


Hal semacam ini menimpa diri gw ketika lahir. Orang tua gw ketika melahirkan gw kebetulan menyaksikan Final Liga Champion antara AC Milan melawan FC Barcelona. Saat itu Milan mencukur Barca dengan skor telak 4-0.

Terkagum-kagum dengan permainan Paolo Maldini cs. orang tua gw pun memutuskan memberi nama anaknya yang baru lahir dengan nama MILANO. Sungguh random. Gw membayangkan seandainya yang menjuarai Liga Champion adalah tim seperti Toulouse FC. Pasti sekarang gw udah jadi penyanyi.

Merasa ada yang kurang dengan nama Milano, orangtua gw mulai mencari nama depan. 3 hari setelah kemenangan Milan, tim bulutangkis putra Indonesia berhasil menjuarai turnamen Thomas Cup. Bangga dengan prestasi Indonesia, nama pialanya pun dijadikan nama gw. ditambah nama keluarga, jadilah THOMAS MILANO SETIAWAN.

untung berakhir keren.


...
Seperti yang sudah dikatakan pada paragraf pertama, nama adalah doa. Bermula ketika gw kelas 2 SD kalo gak salah, saat itu seorang guru memberi PR untuk mencari tahu arti nama sendiri. Lantas saya yang masih imut dan lugu ini bertanya kepada orang tua saya mengenai arti nama saya.

Gw : Bu, arti namaku apa sih? dikasih tugas ama bu guru
Nyokap : Oh, nama kamu gak ada artinya kok. Kalo ada pun Ibu gak tau.
Gw : *shock* *merasa tidak disayangi* *mencoba bunuh diri*
Nyokap : soalnya asal nama kamu tuh.... *menjelaskan paragraf ke-3 sampai 5*
Gw : ooooh *gak ngerti bola saat itu*


Setelah mengetahui asal muasal nama keren ini, gw pun mulai menonton bola. Saat itu match pertama yang gw tonton dengan serius (dan dengan tidak sengaja) adalah Derby Della Madonnina antara Internazionale Vs AC Milan tahun 2001. Saat itu Milan membantai Inter 6-0. Shevchenko tampil gemilang dengan 2 golnya.

Setelah menyaksikan match tersebut hati gw terhenyak. Ternyata tim yang menjadi asal muasal nama gw sangat luar biasa. Semenjak saat itu gw mengidolakan AC Milan dan mulai mengikuti perkembangan sepakbola.


Pada tahun 2002, gw gak melewatkan Piala Dunia yang diselenggarakan di Korea-Jepang. Saat itu gw mendukung timnas Denmark. random bukan main. Dalam pikiran anak kelas 3 SD, nama Denmark terdengar keren. Selain itu banyak pemainnya yang bernama THOMAS. seperti Thomas Sorensen, Thomas Helveg, Thomas Gravesen, dan Jon Dahl Tomasson. Iya, yang terakhir emang bukan Thomas, tapi tetep masih mengandung nama gw meski tanpa hurup 'h'

Saat membaca skuad Denmark yang berlaga di PD 2002 di tabloid BOLA saat itu, tak butuh waktu 1 detik untuk gw langsung mendukung Denmark.


Namun sayangnya Denmark harus tersungkur di babak perdelapanfinal kala dihancurkan Inggris dengan skor 3-0. Saat itu gw kesal luar biasa saat menonton, sampai ikut menendang-nendang bola yang gw miliki di rumah, seolah ingin menunjukkan cara bermain bola yang benar. Padahal tendangan gw saat itu kena bola aja syukur alhamdulilah.

Meski begitu, kekalahan negara berjulukan 'Tim Dinamit' ini tidak menyurutkan semangat gw untuk main petasan. eh, nonton Piala Dunia. Mulai dari 'pengkhianatan' Ahn-Jung Hwan, gol kilat Hakan Sukur, sampai aksi Ronaldo menaklukan Oliver Kahn dua kali di Final, hampir tak ada yang gw lewati saat itu.



Tahun 2003, Milan semakin menjadi idola gw. Kedatangan Kaka dan perubahan posisi Andrea Pirlo menjadi Deep-Lying Playmaker oleh pelatih Carlo Ancelotti menjadi kunci keganasan Milan. Trofi Liga Champion saat itu menjadi bukti kekuatan Milan saat itu. Menyandang nama yang sama, gw pun ikutan bangga. Padahal gw main bola aja gak bisa.

Setelah itu, Milan mengalami pasang-surut. Pada tahun 2004, Milan disingkirikan Deportivo La Coruna secara memalukan di Liga Champion. Setelah unggul 4-1 di Leg Pertama, Milan lengah dan dibantai 4 gol tanpa balas di leg kedua. Untungnya Milan berhasil meraih Trofi Scudetto Serie A musim itu.

Tahun 2005, Milan kembali mencapai partai puncak Liga Champion. Namun seolah tidak belajar dari kesalahan tahun lalu, Milan dikalahkan Liverpool melalui adu penalti. Padahal Milan sempat unggul 3-0 di babak pertama. untungnya kekalahan dari Liverpool ini berhasil dibalas di tahun 2007. Saat itu Milan berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1, dan kali ini berhak mengangkat trofi Liga Champion yang ketujuh.

Skuad Milan pada masa-masa itu adalah skuad favorit gw sepanjang masa. Di sektor penjaga gawang, ada Dida yang memiliki refleks luar biasa. Di bagian belakang ada Paolo Maldini dan Alessandro Nesta yang merupakan duo bek tengah terbaik di dunia saat itu. Sementara di sisi bek sayap terdapat duo Brazil, Cafu dan Serginho yang selalu sigap dalam bertahan dan menyerang. Meski sejatinya Serginho adalah seorang Winger, ia dipaksa menjadi bek kiri akibat krisis cedera, namun penampilannya tetap gemilang.

Sementara itu di sektor tengah terdapat sang maestro Andrea Pirlo yang gemar memberi umpan memanjakan. Selain itu terdapat si badak Gennaro 'Rhino' Gattuso yang merupakan gelandang jangkar yang tak kenal lelah. Pada posisi Trequartista (pemain yang berada diantara 2 striker), terdapat seorang Kaka yang menyabet gelar pemain terbaik dunia pada 2007. Clarence Seedorf melengkapi lini tengah Milan dengan kelihaiannya dalam mengolah bola dan melakukan tendangan jarak jauh.

Lini depan Milan pun tidak perlu diragukan lagi. Kehadiran Andriy Shevchenko yang berkali-kali menjadi pencetak gol terbanyak Serie A dan Filippo Inzaghi yang sempat menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champion menjadikan Milan menjadi momok yang menakutkan bagi lawan-lawannya.



Namun saat ini Milan sedang dalam kondisi yang kurang baik. sudah 2 kali Milan tidak berhasil lolos ke Liga Champion yang sejatinya adalah DNA Milan sejak dahulu. Sebagai orang yang namanya diambil dari tim tersebut, disitu kadang saya merasa sedih.

Berbagai legenda telah pergi dari Milan, dan sekaranglah saatnya untuk memulai legenda baru. Dengan kucuran dana hasil penjualan sebagian saham Milan, dan dengan tangan dingin pelatih baru Sinisa Mihajlovic. Sudah saatnya Milan mengembalikan kejayaan yang hilang. Sebagai seorang Milanisti, aku akan tetap setia untuk terus mendukung Milan, baik dalam masa jaya maupun susah.


*artikel ini dibuat untuk mengikuti entah apa itu yang diselenggarakan my_supersoccer tapi ternyata gak menang. sial.

Minggu, Juni 21, 2015

Nyamuk

Anda tahu apa itu nyamuk? Saya yakin segala makhluk hidup baik itu manusia, ikan-ikan di laut, burung-burung di udara, dan segala binatang yang melata diatas bumi ini tahu tentang serangga yang satu ini.

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam ordo Diptera; di dalamnya termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, CulisetaHaemagoggus, untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genus yang merangkum 2700 spesies.

dan selama beberapa hari ini banyak nyamuk yang mengganggu hidup gw entah dari spesies apa, bagi gw gak ada bedanya. nyamuk adalah nyamuk. kita tidak boleh membeda-bedakan nyamuk. Rasanya dulu pas SD gw pernah diajarkan untuk tidak membeda-bedakan teman. hal ini harusnya juga berlaku untuk nyamuk. Say No To Racism.


...
Jadi ceritanya, pada zaman dahulu, kira-kira 2 minggu yang lalu, hiduplah seorang pemuda yang akan menjalani kerja praktek di Tangerang Selatan. Alhamdulilah pemuda tersebut masih hidup sampai sekarang dan sedang menulis blog ini.


Si Pemuda ini sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang Tangerang Selatan kecuali rumah temannya di Ciputat, Anton, yang dahulu sering didatangi pemuda tersebut dan bikin geger seisi rumah karena dateng ketika penghuninya masih tidur. Kayaknya banyak deh cerita tentang rumah Anton di blog ini.

Pengalaman di rumah Anton membuat si pemuda merasa Tangerang Selatan adalah kota yang nyaman dan tentram. tapi ternyata dugaan itu SALAH BESAR. si pemuda tersebut akhirnya sadar, satu-satunya tempat di Tangerang dimana dia bisa masuk seenaknya ke rumah orang saat penghuninya masih tidur cuman di rumah Anton. Kalo di rumah lain pasti dikira maling (yaiyalah masa baru sadar)


Masalahnya bukan hanya itu. Karena tidak mau merepotkan orang lain, orang tua pemuda tersebut menyuruh si pemuda tinggal di rumah Tantenya di Gading Serpong selama masa kerja praktek. Pemuda tersebut berpikir hal itu tidak masalah karena alasan yang tertera di baris pertama paragraf sebelumnya.

Namun tragedi yang memilukan terjadi pada malam pertama pemuda tersebut tinggal di rumah tantenya.

Si pemuda yang tengah terlelap karena besok akan melaksanakan kerja praktek mendadak terbangun oleh bunyi berfrekuensi tinggi. Ketika membuka mata ia pun shock melihat ribuan nyamuk berkerumun memperebutkan dirinya. Lantas ia bangun dan bertepuk tangan. Kebetulan banyak nyamuk yang berada di antara kedua tangannya dan tewas mblenyek karena terjepit tangan.


Si pemuda cukup shock melihat darah segar di tangannya setelah ia selesai bertepuk tangan. Sementara ratusan nyamuk masih berterbangan dengan riang gembira. Si pemuda yang terlanjur bangun pun ingin berolah raga agar badan sehat dan kuat. Ia mengambil raket yang kebetulan tersedia di rumah tantenya dan berlatih mengayun. Kebetulan si pemuda ini juga atlet tenis.

Sialnya ternyata raket tersebut mengalirkan listrik. Nyamuk-nyamuk yang sedang beterbangan banyak yang tidak sengaja tersengat raket tersebut dan tewas mengenaskan ketika si pemuda berlatih mengayun.


Setelah populasi nyamuk berkurang murni akibat kecelakaan si pemuda tidur kembali dengan tenang.


...
Tragedi yang memilukan kembali terjadi di malam-malam selanjutnya. Meskipun telah banyak yang meninggal, nyamuk-nyamuk terus bermunculan dan mengganggu tidur si pemuda. Ia menduga nyamuk sini mewarisi tekad pahlawan nasional Indonesia, Pattimura. Mati satu, tumbuh seribu. Jadi kalau 100 nyamuk mati, akan lahir 10000 nyamuk baru yang siap mengganggu tidur si pemuda.


bentar, coba diitung lagi deh. kayaknya gw salah itung.


intinya nyamuk di Tangerang ini gak ada habisnya seperti cintaku padanya. Padahal si pemuda sudah melakukan berbagai cara agar nyamuk-nyamuk yang mengganggunya tewas seolah kecelakaan, seperti menggunakan parfum beraroma harum, dari yang bermerek bay*gon sampai mama*lemon. Namun semuanya sia-sia. Nyamuk-nyamuk hanya pergi untuk sementara.


Si pemuda akhirnya bertekad untuk berperang melawan nyamuk. Baik itu nyamuk Tangerang, nyamuk Bekasi, nyamuk Magelang, nyamuk Manokwari, bahkan nyamuk luar negeri, tidak ada rasa iba. Semua nyamuk harus mati.

Hanya orang bodoh yang berperang tanpa mengetahui kekuatan lawannya. Oleh karena itu si pemuda berusaha mencari tahu segala hal tentang nyamuk. Ia pun membuka sumber pengetahuan yang tidak diketahui pihak nyamuk: Google dan Wikipedia.


Dari hasil penelitiannya pemuda tersebut mengetahui banyak hal.

Nyamuk mengalami empat tahap dalam siklus hidup: telur, larva, pupa, dan dewasa. Fase perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa sangat menakjubkan. Telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembap atau kolam yang kering. Telur-telur itu panjangnya kurang dari 1 mm, disusun secara bergaris, baik dalam kelompok maupun satu persatu. Beberapa spesies nyamuk meletakkan telur-telurnya saling berdekatan membentuk suatu rakit yang bisa terdiri dari 300 telur.

bayangin aja 1 nyamuk telurnya 300. Meskipun kalah sama Pattimura tetep aja banyak banget.

Setelah itu, telur berada pada masa periode inkubasi (pengeraman). Pada periode ini, inkubasi sempurna terjadi pada musim dingin. Setelah itu larva mulai keluar dari telurnya semua dalam waktu yang hampir sama. Larva nyamuk akan berganti kulit sebanyak 2 kali.

Selesai berganti kulit, nyamuk berada pada fase Pupa. Pada fase ini, nyamuk sangat rentan terhadap kebocoran pupa. Agar tetap bertahan, sebelum pupa siap untuk perubahan kulit yang terakhir kalinya, 2 pipa nyamuk muncul ke atas air. pipa itu digunakan untuk alat pernapasan.

Setelah nyamuk dalam pupa telah membentuk seluruh organ dewasa seperti antena, belalai, kaki, dada, sayap, perut, dan mata besar yang menutupi sebagian besar kepalanya, kepompung pupa disobek dari atas dan nyamuk siap terbang untuk pertama kalinya.


Setelah mengetahui siklus hidup nyamuk tampaknya sulit untuk membasmi nyamuk sampai ke akarnya, bahkan menggunakan obat seperti dak*tarin yang katanya membasmi jamur sampai ke akarnya pun tak mampu untuk membinasakan nyamuk. Hal ini wajar karna nyamuk dan jamur itu berbeda spesies, bahkan udah beda kingdom.


Kemudian si pemuda pun meneliti lebih jauh mengenai nyamuk. Ternyata dengung nyamuk sebenarnya merupakan harmonisasi duet suara dari sepasang nyamuk yang sedang mencari pasangan. Nyamuk jantan berdengung untuk menunjukkan kejantanannya. Suara dengung itu dihasilkan dari kepak sayapnya yang punya kecepatan berbeda tiap detik. Frekuensi suara sayap nyamuk jantan berkisar dari 550-650 Hz sedangkan nyamuk betina kisaran 350-450 Hz

Melalui dengungan itu, ada keharmonisan di antara keduanya agar saling mencocokkan. Peneliti memperkirakan, dengungan nyamuk jantan ini digunakan nyamuk betina untuk menguji tingkat kebugaran nyamuk jantan sebelum kawin

Ketika kedua jenis kelamin ditempatkan dalam jarak 2 sentimeter dengan lawan jenis, kepakan sayap bergeser naik dan turun. Jika calon pasangan adalah nyamuk sejenis, kedua serangga ini akan menetapkan frekuensi rasio 3 : 2, dan bersama-sama menghasilkan nada yang harmonis di sekitar 1.500 hertz.

"Ini seperti dua penyanyi mencoba untuk menyelaraskan diri satu sama lain," kata orang bernama Gibson.


Jadi intinya nyamuk-nyamuk yang berdengung di sekitar pemuda tersebut selama ini sedang nyari jodoh.


Pemuda tersebut berpikir, kurang ajar banget nyamuk sini nyari jodoh di depan batang hidung (atau telinga) pria jomblo seperti dirinya. Namun ternyata hal itu ada alasannya.

Hal ini dikarenakan dari sisi nyamuk betinanya. Nyamuk jantan tidak mau menyantap darah untuk anak-anaknya, tapi di sisi lain nyamuk betina melakukannya. Karena hal itu penting bagi kelahiran bayi-bayinya yang memerlukan panas tubuh, kelembaban, dan karbon dioksida. Karbon dioksida itu sendiri banyak terdapat di sekitar kepala kita. Karenanya mereka sibuk berkeliling di sekitar kepala kita dan mengganggu pendengaran yang terletak di bagian kepala.

ternyata, gak nyamuk gak manusia, yang namanya wanita memang banyak maunya



Setelah memahami perasaan nyamuk dan keadaan yang memaksa mereka untuk mengkonsumsi darah, pemuda tersebut merasa kasihan. Apalagi setelah mengetahui bahwa masa hidup nyamuk hanya berkisar selama 2 minggu. Mengapa manusia dan nyamuk tidak bisa hidup berdampingan? seperti dalam cerita-cerita dongeng?

Menurut pemuda ini manusia dan nyamuk sulit hidup berdampingan karena jumlah nyamuk yang sangat banyak, jauh melebihi jumlah manusia.

Untuk mengatasi ledakan penduduk nyamuk, disarankan nyamuk-nyamuk melaksanakan program Keluarga Berencana yang telah dikembangkan oleh manusia. Jika mampu membatasi jumlah anak dari 300 menjadi 2, bisa dipastikan manusia tidak terlalu terganggu akan kehadiran nyamuk. Jika sulit menahan nafsu hewaninya, nyamuk-nyamuk disarankan menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan untuk mencegah kehamilan.

Jika nyamuk berhasil mengontrol populasinya, maka hal tersebut akan mengurangi kecelakaan massal yang banyak memakan korban nyamuk tidak berdosa, dan manusia pun dapat hidup tanpa terlalu terganggu oleh kehadiran nyamuk.



Kamis, Juni 11, 2015

Skullers Boro

Selamat pagi. Setelah sekian lama menghilang dari dunia perblogan, akhirnya gw muncul lagi. Jadi apa kabar para pembaca setia? sehat? atau udah pada selingkuh?

Kali ini gw akan menceritakan tentang suatu tim. Bisa dibilang tim ini sangat unik, karena semua anggotanya TIDAK PUNYA PACAR (penting, makanya musti pake huruf kapital).

Tapi jangan salah sangka, ini bukan tim berisi orang-orang mengenaskan yang depresi mencari pasangan hidup, ini adalah tim berisi orang-orang hebat yang kurang kerjaan dan hobi bikin robot.

Semua anggotanya single mungkin karena beberapa keasikan kuliah dan bikin robot sehingga mereka lupa mencari belahan hati, atau karena pernah disakiti atau sulit move on dan mencari pelarian terus malah keasikan dan lupa mencari pengganti si dia, atau pas punya pacar terus-menerus ditinggalin buat bikin robot dan akhirnya putus  
(cuplikan adegan FTV: "kamu lebih cinta robot daripada aku??? kalo gitu lebih baik kita putuss!!' *musik sedih* )



makanya akhirnya semuanya jomblo deh
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
sialnya gw jg termasuk. *nyayat nadi*



...
Nama tim ini sama seperti yang tertulis di judul, yaitu Skullers Boro. Kata SKULLERS diambil dari lambang Fisika Teknik ITB yaitu tengkorak, dan kata BORO diambil dari nama rumah sakit deket ITB, yaitu ST. BORROMEUS, makanya semua anggotanya 'sakit'.

setidaknya awalnya gw berpikir begitu. tapi ternyata kata BORO merupakan singkatan dari BOcah RObot (Shocking Truth!). jadi karena semuanya masih bocah, makanya ga ada yang punya pacar. entah mengapa logic circuit di kepala gw menyimpulkan demikian.


Lalu siapa aja anggota tim robot ini? Apa aja kerjaannya? kapan mereka punya pacar?
tenang saja, kecuali pertanyaan ketiga, semua akan coba saya jawab.


Pertama gw akan menceritakan apa saja yang dikerjakan Skullers Boro. Karena ini namanya aja Bocah Robot, sudah pasti yang kami kerjakan adalah bikin robot dan mengikuti berbagai lomba seperti Singapore Robotic Games (SRG), Lomba Robot Nasional (Baronas), dll. Untungnya kita gak mengikuti lomba sepak takraw, karena kalo kita ikut pertandingan sepak takraw nama kita pasti berubah jadi BOTAK (Bocah Takraw).

Robot yang kami buat bukan robot super canggih yang bisa ngeluarin pintu kemana saja atau baling-baling bambu seperti yang datang dari abad 22 itu .Yang kami buat sampai saat ini hanya robot yang akan ikut perlombaan, seperti Wall Climbing Robot (WCR) dan Remote Operational Vehicle (ROV) RC Underwater Robot.

Kedua robot tersebut dilombakan dalam Singapore Robotic Games (SRG) 2015 Januari lalu. Hasilnya robot ROV mendapat juara 3, namun robot WCR masih belum beruntung. Kisah selengkapnya pas SRG lalu akan diceritakan kemudian. sekarang kenalan dulu aja.


terus siapa sajakah orang-orang ngenes hebat yang tergabung dalam Skullers Boro? langsung saja kita saksikan orang-orangnya dibawah ini :


1. Nugroho Hari Wibowo (Bowo)
Bapak pendiri Skullers Boro. Teknik Fisika angkatan 2010. Paling sulit ditemukan dalam gelap, namun meski begitu seringkali memberikan pencerahan dengan kata-kata inspiratif dan motivasi untuk anak-anaknya (engga, dia belom nikah. maksudnya anggota yang lain.).

Karena sibuk mengurus Boro dan berbagai kegiatan lain, bapak kita yang satu ini lulusnya sedikit terlambat. Namun ia tidak menyesal karena mendapat banyak pengalaman yang berharga. Sayangnya pengalaman yang dimaksud bukan pengalaman dengan kekasih. Berdasarkan fakta tersebut tampaknya si Bapak tidak hanya telat lulus tapi juga akan telat nikah.


2. Kiki Intan Mayangsari (Kipi)
Manajer pertama Skullers Boro, FT 2011, bertugas mengumpulkan dana dan mengerjakan segala sesuatu yang bersifat administratif.

Sampai sekarang pun gw masih bingung darimana asal mula huruf P dari nama Kipi? tapi gw punya beberapa hipotesa:

- Ia berhasil masuk ITB, berarti dia merupakan salah satu murid terbaik di sekolahnya. Meskipun terkadang sikapnya tidak menunjukkan hal tersebut, tapi saya yakin ia anak yang pandai. Kesimpulannya Kipi adalah singkatan dari Kiki Pintar.
- Ketika masih kecil, mungkin dia pernah potong rambut di suatu barber shop. Namun karena kesalahan tukang cukur, ada bagian dimana kulit kepala kiki terlihat. Kesimpulannya Kipi adalah singkatan dari Kiki Pitak.
- Keluarga Kiki adalah ahli pijat yang sudah terkenal turun-temurun dari zaman neolithikum. Dan Kiki mewarisi keahlian dari leluhurnya tersebut. Kesimpulannya Kipi adalah singkatan dari Kiki Pijat

Saya masih belum yakin mana dari ketiga hipotesa tersebut yang benar. Tapi saya pasti akan menemukan jawaban misteri ini. kupertaruhkan nama kakekku!


3. Steve Darmadhi (Setip)
Pria bersuara tenor ini adalah pemain asing pertama di Skullers Boro, diimpor dari tiongkok. Sebenarnya ada lagi anggota chinese generasi pertama yang bernama Kelvin Wongso yang juga merupakan angkatan 2011, tetapi ia sudah jarang terlihat.

Setip adalah anggota yang sangat penting di Skullers Boro. Karena ketika pergi ke singapur dan beberapa orang lokal berbicara bahasa mandarin, bisa dipastikan gak ada orang yang mengerti. Oleh karena itu dikatakan bahwa setiap Generasi Skullers Boro minimal harus memiliki 1 anggota dari negeri tirai bambu tersebut (biar gak kerepotan di singapur)


4. Muhammad Afif (Afif)
Pria asal Palembang ini sekilas terlihat pendiam, tapi kadang-kadang nggak juga. Terbukti ketika dia berkaraoke ria di workshop saat lagi jenuh ngerjain robot.

Konon katanya gara-gara masuk tim robot, ia putus dengan pacarnya. Sampai sekarang statusnya masih misterius karena ia merupakan salah satu orang yang sering menghilang tanpa kabar terus tau-tau muncul.


5. Agung Prasdianto (Penyok)


















Lihat penampakan pada foto diatas? tenang, itu bukan genderuwo, tetapi hanya Agung biasa. Maaf kalo wajahnya tidak jelas. Mukanya emang sedikit penyok, tetapi sudah teruji di ITB bahwa dia memang manusia, hanya sedikit homo aja.

Konon katanya dulu ketika angkatan 2011 sedang osjur, Agung adalah manusia paling beban sedunia sehingga satu angkatan memanggil dia 'Beb'

alhasil pacar seseorang salah paham ketika memanggil Agung dengan sebutan "Beb" dan dikira selingkuh. Sekarang akhirnya dia dipanggil Penyok. 
 


....
Mereka berlima ditambah Wongso adalah Skullers Boro generasi pertama, anggota yang direkrut langsung oleh Bapak Founder kita. Mereka mengikuti Singapore Robotic Games 2014 namun belum beruntung.

Perjuangan mereka dilanjutkan oleh  angkatan 2012, yang telah melewati tahap seleksi yang ketat, seketat celana yang saya pakai. Berikut ini adalah anggota Boro generasi kedua:



6. Nabella Adjani (Bella)
Manajer kedua Skullers Boro setelah Kipi pensiun (?). Kembang Teknik Fisika yang sekali ganti profil picture langsung dapet 200 like dalam 5 menit. Tapi masih kalah sama Aflin yang meskipun cowo tapi bisa dapet 400 like.

Wanita kelahiran Madiun ini paling ahli joget-joget. Segala jenis tarian dapat dilakukannya, mulai Tari Jawa, Tari Bali, Tari Jaipong (dari Jawa Barat), Tari Flamingo (dari Brazil), Tari Kakatua (hinggap di jendela), Tari Perkutut (kalo ada), Tari-kTambang, Teh Tarik Mang, dan lain-lain apapun dia bisa.


7. Haris Suwignyo (Suwig)
Anggota impor di Skullers Boro Generasi Kedua. Diduga pernah bermain di film You're The Apple of My Eye sebagai A-Ho, teman baik tokoh utama yang kelebihan berat badan.

Meskipun berat badannya sedikit berlebih dan matanya hampir tidak pernah terbuka, namun kemampuannya tidak diragukan lagi baik dalam Kuliah, Voli, ataupun dalam Game. Satu-satunya hal yang perlu diragukan adalah kemampuan dalam menggaet cewe dan mengurangi berat badan.


8. Nova Mahendra Putra (Nova/Hendra)
Tokoh utama di Boro generasi 2. Digadang-gadang sebagai 'The Next Agung' selain karena keahliannya dalam solidworks ia juga orang yang gak jelas banget kayak Agung. Saking gak jelasnya gw gak tau mau nulis apa lagi karena tak ada kata yang mampu menggambarkan ketidakjelasannya


9. Fauza Kharomatul Masyhuroh (Flappy)
Wanita yang satu ini adalah makhluk langka yang jika berteriak dapat menyebabkan kebisingan yang setingkat dengan pesawat jet F-35. Bila ia sudah mulai berbicara, bom atom pun tak akan sanggup menghentikannya

Karena tingkat kebisingan yang diciptakannya cukup tinggi dan bikin kesel, mahasiswi asal Blitarrrrr ini (asal daerahnya aja sudah terdengar bising) diberi julukan Flappy, karena ngeselinnya sama kayak flappy bird


10. Genki Imam Prayogo (Genki)
Sekilas dari namanya ia tampak seperti pemain impor dari Jepang. Tapi semua itu hanyalah ilusi belaka. Meskipun lahir di Nagoya, ia sesungguhnya adalah orang Bandung! mengejutkan bukan? (gak juga ah)

Pria yang selalu duduk paling depan saat kuliah ini terkenal dengan kemampuan programmingnya yang sudah terasah sejak nyonya meneer berdiri tahun 1919, padahal dia lahir tahun 1995


11. Thomas Milano Setiawan (Thomlee)
Sekilas dari namanya ia tampak seperti orang yang keren dan ganteng. Tapi semua itu hanyalah halusinasi. Ya...emang agak keren sih tapi gak sebegitunya.

Pria yang berasal dari planet lain ini (baca: Bekasi) dulu rambutnya gondrong, indah, lembut bagai kain sutera dan sering disangka wanita kalo dari belakang. Namun sejak potong rambut ia jadi sering dikira korban pedofil.



....
dan itulah anggota Skullers Boro generasi kedua. Saat ini Boro sedang mencari anggota baru dari angkatan 2013 dan berhasil merekrut manager baru, yaitu :

12. Nurul Hidayah (Bunda)
Manajer baru untuk generasi selanjutnya. Sampai saat ini masih terlihat waras, tapi entah sampai kapan ia mampu bertahan. Tugasnya saat ini adalah mengatur jadwal pelatihan dan seleksi anggota baru dan mencari sponsor untuk SRG selanjutnya sembari mempertahankan kewarasannya



Sekian postingan kali ini. Sesungguhnya postingan ini saya buat di sela-sela kesibukan kerja praktek yang kebetulan lagi gak sibuk. See you next post!



Senin, Agustus 18, 2014

Long Long Holiday (5)

Setelah perjalanan yang panjang dari Jogja - Bekasi - Kebon Jeruk - Bekasi - Bandung, gw pun merebahkan tubuh di kasur kosan yang sepertinya udah mulai jebol.

Setelah beristirahat secukupnya (kira-kira 12 jam), hari ini gw akan ke kampus untuk mengadakan pertemuan kelompok. Gw merasa tidak enak dengan kelompok diklat gw yang gw telantarkan selama seminggu. Tak lupa bawa bakpia dari jogja buat sogokan, gw melangkah menuju kampus tercinta ITB.

Ternyata nomer kelompok gw 59 (baru tau. maklum baru dateng). Setelah memperkenalkan diri dan meminta maaf dari lubuk hati yang paling luar sembari memberikan bakpia, gw pun mulai mencoba menghapal anggota kelompok tersebut

Karena udah setahun berlalu gw udah agak lupa dengan nama-nama anggota kelompok tersebut, tetapi untung saja seseorang menciptakan sosial media bernama facebook. Disana kita bikin grup kelompok (yang mana sekarang sudah terlantarkan sama sekali), dan dari sana gw bisa ingat kembali anggota2 kelompok waktu itu.

Ada 17 anggota yang terdaftar dalam grup ini dan dibedakan menjadi 2 jenis: laki-laki dan perempuan. Karena lumayan banyak maka nama mereka disebut sesuai dengan alur cerita saja


....
Waktu itu ketika gw dateng, semua peserta diklat sedang diberi tugas mengenai Cinta Tanah Air. Setiap kelompok disuruh membuat video mengenai apa yang ingin kamu lakukan untuk Indonesia, dan kelompok kami mengemasnya dengan judul "JIKA AKU MENJADI PRESIDEN".

ini adalah video yang kami buat yang telah diupload di situs Youtube dan telah ditonton lebih dari 1 juta orang (bohong sih, tp plis ditonton. ini seru banget terutama di bagian akhir karena tiba-tiba ada gw lagi adu panco)





Jika anda terkendala oleh koneksi internet anda yang lamban atau ingin penjelasan bagaimana video itu dibuat, berikut keterangan dari gw.

awal-awalnya terlihat seperti video biasa mengenai orang-orang yang mengungkapkan visi-misinya jika menjadi presiden. Awalnya visi-misinya terlihat normal. memajukan pendidikan. mengolah sumber daya sendiri. anti korupsi dan lain-lain. bahkan ada yang pidatonya lama banget ampe yang bikin video aja bosen. yang ngomongnya paling panjang sendiri itu namanya Dhika. dia lucu banget orangnya. Baru kali ini gw nemu orang yang pengen menjelajahi setiap terminal di Bandung. Ya, dia adalah Dhika. Makhluk yang jarang ditemui di era global ini


kemudian entah kenapa setelah kedatangan gw syuting video menjadi berubah, dari yang biasa saja menjadi.....yah tau lah apa namanya.

Semua dimulai ketika gw yang baru dateng ini disuruh syuting buat visi-misi untuk indonesia. Setelah berpikir panjang mau ngomong apa, akhirnya gw pun syuting dengan tidak biasa. Gw mengatakan visi-misi gw untuk Indonesia sambil adu panco yang bagaimanapun juga gak ada hubungannya.

Setelah itu satu per satu anggota kelompok (terutama yang cowok) mulai menggila. Sepertinya emang udah dari sananya tapi kehadiran gw seolah menjadi katalis untuk mereka 'berkreasi'. Lihat aja sendiri di video ada Deded yang makan rumput (dan hampir dimarahin Satpam) juga Dezky Oka yang ngetik di komputer yang gak nyala....


Setelah menyelesaikan tugas visi untuk Indonesia. ternyata ada tugas lain lagi, yaitu kampanye untuk membuat masyarakat lebih mencintai Indonesia. Temanya bebas. Bentuknya bebas, boleh turun ke jalan, bikin selebaran, terserah kreativitas kelompok. Kelompok gw memutuskan untuk kampanye melalui video. Sepertinya anggota kelompok gw calon Aktor Hollywood semua.

Setelah berembuk sekian lama, kita memutuskan tema kampanye kita adalah 'AIR'. ya, air yang terkadang bisa membantu kita di saat kekeringan namun bisa juga menghancurkan kita saat ujian mekanika fluida. Itulah yang akan kami kampanyekan.

Berlokasi di rumah salah seorang anggota kelompok yaitu Meivira, shooting dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mau lebih hemat air, karena masih banyak daerah yang kesulitan air bersih. caranya mudah, yaitu dengan mandi lebih cepat.

Setelah itu ditentukanlah aktor-aktor yang akan berperan. mulanya yang akan berperan sebagai aktor yang mandinya lama banget adalah Dezky Oka, namun setelah kedatangan gw, semua mata beralih dan tertuju pada gw.

Memang sih, saat itu badan gw lagi sexy bohai dan aduhai. Gondrong pula. tipe cowok idaman gitu lah, sampe-sampe semua individu yang melihat gw bakal mensekresikan hormon Adrenocorticotroid (ACTH). cuman hati-hati aja kalo kebanyakan ACTH nanti bisa botak

Setelah membandingkan tubuh gw dan Dezky, sepertinya rakyat memilih gw untuk jadi peran utama (yang mana harus mandi). Tetapi karena kemaluan gw cukup besar, akhirnya gw menolak dan menyerahkan posisi tersebut ke Dezky Oka.

Syuting berjalan lantjar, dan inilah video yang kami hasilkan. Sudah diupload di Youtube dan dalam 2 hari berhasil menembus 1000 tayangan (beneran). Ampe tweetnya Dezky tentang video ini di Retweet oleh Artis Terkenal yang gw lupa siapa namanya. berikut videonya (wajib ditonton, kalo gak ditonton gak klimaks ni...)








begitulah kisah pembuatan video kelompok 59 diklat OSKM 2013. setelah 2 video tadi hari-hari yang seru terus berlanjut, diantaranya ada memberi dukungan kepada Meivira yang akan ikut SBMPTN lagi untuk ganti haluan ke kedokteran, editing video di kosan Grego, dan Matrikulasi bareng karena nilai kelompok tidak mencukupi (mungkin gara-gara video...)



namun karena gw kurang inget, jadi sampai disini saja perjumpaan kita kali ini. Sampai jumpa di lain kesempatan.


Sabtu, Agustus 02, 2014

Long Long Holiday (4)

Pagi ini dimulai dengan bunyi kaca pecah. Serentak seisi rumah Ari terbangun oleh bunyi keras tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata asalnya dari hape Sandy. Dia masang alarm dengan ringtone kaca pecah, dan di sambung ke loudspeakernya Ari sehingga bunyinya membahana sampai Norwegia. Setelah memarahi si kecil seisi rumah pun tidur lagi.


Kemudian pagi berganti menjadi siang. Semua orang sudah sadar dan hari ini pun kita bingung mau ngapain. Setelah mengadakan rapat diputuskan bahwa kita bakalan main ke kosan Vian. Siapa yang ngusulin itu gw gak tau. Kayaknya saking seringnya kita ke Jogja jadi tempat wisata yang tersisa cuma kosannya Vian.

Setelah rapat selesai Gw, Riza, Ari, Uga, Ryan, dan Sandy segera berangkat menuju kosan Vian. Eky gak ikut karena tugas kuliah. Sempat kebingungan di sekitar Ring Road, akhirnya kita sampai di tempat wisata (?) yang kita tuju

Kami pun memanggil Vian dan dia keluar lama kemudian. Setelah masuk selama beberapa meter gw mulai mencium bau-bau tidak sedap. Sempat curiga Vian buang air sembarangan, namun ternyata di dalam kosannya Vian ada banyak sekali kandang ayam (dan tentu saja banyak ayamnya). Bau tersebut berasal dari tai ayam yang belum dibersihkan.

Gw curiga ini sebenernya bukan kos-kosan tapi peternakan ayam

Setelah menyapa ayam-ayam disana dengan kukuruyuk, kami masuk lebih dalam menuju kamar Vian. Gw heran kenapa Vian betah tinggal di kosan yang mirip peternakan ini. Jangan-jangan dia diem-diem kalo laper ngambil ayam 1 buat digoreng terus dimakan. Ato telornya yang diambil buat bikin telor asin.

Ujung-ujungnya pun kita gak ngapa-ngapain di kosan Vian sampai hari menjelang sore. Dalam perjalanan pulang ke rumah Ari seseorang mengusulkan beli Anggur Merah dulu. Tampaknya malam ini bakal ada pesta

Sebagai teman minum Anggur, kita juga beli Bintang, Coca-cola, dan Ultra Milk. Sepertinya akan ada tantangan nahan muntah

Malam pun tiba. Setelah mendatangkan Tara, kita pun mulai berpesta dimulai dengan bunyi kaca pecah Sandy. kami membuka Amer yang baru saja dibeli.

Beberapa orang mencampurkannya dengan Bintang, ada yang dengan Cola, ada juga yang murni anggur doang. Sambil berhati-hati agar nggak mabok, kita pun mulai minum. Herannya Sandy ikutan minum amer. Gw kira dia bakal minum susu doang

Gw sih minumnya secukupnya aja. Takut kena Neuroglycopenia ato penyakit lainnya. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa terlalu banyak minum alkohol tidak baik untuk kesehatan jadi gw cuman minum alkohol sampai batas aman seperti kata web ini. Itu pun udah bikin gw ngantuk.

Gw jadi teringat gw pernah ditunjukin video Uga lagi mabok. Dia tampaknya stress sekali karena saat itu abis putus ampe ngoceh-ngoceh gak jelas tentang celana dalem (?). Maka dari itu pemirsa, jauhilah minuman-minuman keras seperti bir dan es batu. lebih sehat minum teh atau susu.

Setelah menghabiskan semua minuman yang dibeli (untungnya gak ada yang muntah setelah minum susu abis minum anggur), satu per satu manusia bertumbangan.



....
Keesokan harinya ketika terbangun, rumah Ari tampak seperti abis kena serangan udara. Semua orang tewas. Bahkan alarm Sandy tak mampu membangunkan mereka, padahal Gw, Riza, dan Uga bakal pulang ke Jakarta. Sementara Ryan sepertinya akan melanjutkan perjalanan ke Malang ato sekitarnya. Gw lupa, sepertinya karena pengaruh alkohol semalem ato karena udah setahun berlalu

Setelah sadar dari hangover, gw riza dan uga pun siap-siap kembali ke jakarta. Dianter Ari ke Stasiun, kami pun segera meninggalkan kota ini menuju kota tempat tinggal kami....









BELUM SELESAI!

di kereta yang kita tumpangin ada Ibu-ibu aneh. tiap ada orang jualan pasti dibeli. Udah gitu gw, riza, uga, dan seorang cewe yang kebetulan duduk di sebelah ibu-ibu tersebut dibeliin nasi goreng kereta. Dalem hati gw pikir ini ibu-ibu kebanyakan duit, terlalu dermawan, ato apa???

Bukannya mencurigai si Ibu, tapi rasanya aneh kalo ada orang beliin makan buat orang yang gak dikenalnya. Dulu juga pas kecil kita pasti sering dibilangin, 'Jangan Terima Permen dari Orang Tak Dikenal!!!!!', maka sangat wajar bila kita mencurigai nasi goreng yang dibeliin si Ibu.

Tapi karena mubazir kalo dibiarin, akhirnya dimakan juga



Si Ibu ini juga demen banget ngoceh. Didengerin males, diabaikan kasian. Jadi kita cuma bisa berharap segera sampai di Jakarta. Rasanya perjalanannya lebih lama dari biasanya, padahal gak ada kemacetan di rel manapun

Akhirnya doa kita dikabulkan. Gw dan Riza turun di Stasiun Jatinegara dan nyambung Commuter Line ke Bekasi sementara Uga masih harus melanjutkan perjuangannya ampe Stasiun Senen.

Setelah sampai di Bekasi kita dijemput Emak-Bapaknya Riza yang emang lagi di Bekasi dan gw dianter ampe rumah. Baik ya mereka.

Kemudian gw sadar bahwa motor gw masih ada di rumah Riza di Kebon Jeruk




...
Keesokan harinya gw naik Bis ke Kebon Jeruk untuk menjemput Supra tersayang. Kelamaan di Bandung, gw lupa kalo Jakarta itu macet dimana-mana. Naik bis dari bekasi ke Kebon Jeruk udah kayak ke Bandung lamanya. Gw hampir mau jalan kaki aja ke rumah Riza

Setelah menyambung angkot ini dan itu, akhirnya gw sampai di depan Casagoya Residence blok J-6 tempat Riza bernaung. Gw mampir beberapa jam buat melakukan hal ini-itu, kemudian pulang ke Bekasi bawa motor.


Gw pun kembali hampir melupakan sesuatu. DIKLAT!!!!! gw membayangkan gimana ceritanya kelompok gw bisa hidup tanpa ada gw disana (padahal gw belom ikut sama sekali)

Merasa penasaran dengan kelompok gw, keesokan harinya pun gw pergi ke Bandung dengan jasa Bis Primajasa. Setelah bertanya kepada Grego, katanya kelompok kita gak normal. Sepanjang perjalanan pun gw was-was kelompok gw sebenernya kayak apa dan apa yang gw lewatin selama seminggu di Jogja....




To Be Continued...